The Path

Lahir di Jakarta pada tahun 1962, mendapat banyak inspirasi dari Amirsyam Pulungan ayahanda; tentang pergerakan dan perjuangan. Terinspirasi banyak dari Ibunda Sumarni Roni Umar yang gigih dalam menghadapi kehidupan.

Mengawali pendidikan di sekolah Dasar Taman Petojo, dan Aktiv dalam Pramuka Paksi Naga Liman. Saat SMP,mulai tahun 1976-1978 aktiv dalam kegiatan pencinta alam dan pengembaraan pada organisasi TRAMP yang bermarkas di gang kebon sayur kampung bidara cina, jakarta timur.  Tahun 1978, bersama teman-teman SMP73 Jakarta mendirikan VERAT, sebuah organisasi pelajar untuk pengembaraan dan pengenalan lingkungan. Dalam VERAT aktiv melakukan pengembaraan, pengamatan lingkungan alam dan masyarakat diberbagai daerah di Jawa,bali,madura, lombok dan Sumatera.

Tahun 1978-1981 sekolah di SMA Negeri 3 Teladan Jakarata, kemudian mempelajari ilmu pertanian di Universitas Andalas dan ilmu Sosiologi di Universitas INDONESIA.
Tahun 1987 sampai dengan pertengahan tahun 1988 menjadi independent consultant dibidang pengembangan agrobisnis pada beberapa perusahaan dan Bank.

Tahun 1988 melanjutkan pendidikan professional di Belanda. 1990 Mendirikan ICM Consulting di Belanda, melayani Trade relation Business untuk perusahaan atau lembaga di kedua negara. Kemudian ikut mengembangkan Ikatan Karyasiswa dan Cendekiawan Indonesia (IKACI) di Negeri Belanda periode 1990-1993 dan menjadi anggota pengurus ICMI Orwil Eropa saat ICMI didirikan di Eropa. Sekembali dari Belanda, tahun 1994,  bersama benerapa sahabat mendirikan yayasan yg kemudian berkembang menjadi organisasi petani nelayan yang saaat ini bernama WAMTI (Wahana Masyarakat Tani Nelayan Indonesia). WAMTI melakukan advokasi dan pemberdayaan untuk keluarga petani nelayan Indonesia.
Tahun 1994-1999 menjadi Consultant (advisor) untuk beberapa perusahaan, lembaga international dan aktiv pada kegiatan sosial kemasyarakatan antara lain bersama Adi Sasono CIDES, Siswono Yudohusodo HKTI dan lain-lain

Bersama beberapa teman aktivis pergerakan antara lain Franky Sahilatua, Haryanto Taslam, Icuk Zukafril, Ray Rangkuti menggerakkan dan mengisi Reformasi dalam gerakan Solidaritas Nasional (SosNas).

Semenjak 1994 menjadi Consultant dibidang pembangunan Pertanian dan pemberdayaan masyarakat Pedesaan. Tahun 1998 mendirikan perusahaan consultant PT. DanasPoe &Co dan tahun 2005 PT. MAJI & Co. Kerap menjadi pembicara untuk berbagai seminar, workshop, conference didalam dan luar negeri, baik untuk LSM, Pemerintah R.I, maupun organisasi international seperti APEC (Chile-Korea-Philipine), FAO for UN, CGIAR (Washington DC), World Bank, IFPRI (International Food Policy Research) Washington, GFAR (Roma), VECO Belgie, GlobalHort (Perancis), Humid Tropic IITA Ghana, IFAD Rome, WRF (World Rural Forum) Basque Spanyol, G20 Paris,WFO (World Farmers Organization) Rome, World Meteorological Organization (WMO) Zwitzerland, dll.

(Twitter : @agusdinp)

Advertisements

2 Responses

    • Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: